Kamis, 02 Agustus 2012

Pengenalan TPC / IP

Posted by Ega Gunawan 16.09, under | No comments

Pengenalan TPC / IP

Kini saya akan memperkenalkan TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol) yang merupakan pemadatan dari model OSI.
TCP/IP dikembangkan oleh Department of Defence (DoD) untuk memastikan dan menjaga integritas data sama seperti halnya menjaga komunikasi dalam situasi perang. Pada dasarnya, TCP/IP tersusun atas 4 layer, yaitu Application Layer, Host-to-Host Layer, Internet Layer dan Network Access Layer.Hubungan keempat layer ini dengan layer-layer OSI adalah :
 


Perbandingan TCP/IP dan OSI
Layer Application pada TCP/IP selaras dengan 3 upper layers pada OSI. Layer ini bertugas mengatur agar aplikasi komputer dapat berinteraksi dengan komputer, mengatur konversi data dan mengatur sesi-sesinya.
Layer Host-to-Host berfungsi selaras dengan fungsi layer Transport OSI. Mendefinisikan protokol untuk mengatur level service transmisi untuk aplikasi. Layer ini menangani masalah seperti menciptakan komunikasi ujung ke ujung yang andal dan memastikan data bebas dari kesalahan pada saat pengiriman. Juga menangani Packet Sequencing pada pengiriman paket beruntun.
Layer Internet selaras dengan layer Network pada OSI, megnalokasikan protokol yang berhubungan dengan transmisi logis pada sebuah paket ke seluruh network. Layer ini menjaga pengalamatan hostdengan memberikan alamat IP dan menangani routing dari paket yang melalui beberapa network.
Terakhir layer Network Access memonitor pertukaran data antara host  dan jaringan. Persamaan dari Layer Datalink dan Layer Physical dengan Layer ini adalah mengawasi pengalamatan secara hardware dan mendefinisikan protokol transmisi fisik data.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Run.......................